top of page
  • Jasmine Fadias

Yuk Pahami Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Updated: Nov 15, 2022


Sumber Gambar : Pinterest
Jerawat ternyata banyak jenisnya, maka cara mengatasi jerawat harus sesuai agar masalah teratasi. Nah mimin disini ada untuk membahas jenis-jenis jerawat dan cara mengatasi ya, kuuyy langsung saja kita simak !

Biasanya, jerawat muncul karena pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan faktor lain nya. Banyak faktor yang menyebabkan membuat jerawat yang timbul pada wajah atau tubuh berbeda-beda bentuknya. Oleh karena itu, cara mengatasi jerawat juga harus disesuaikan dengan jenisnya agar masalah bisa sembuh dengan tepat.


Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan skincare atau perawatan wajah secara ruitn. Kita dapat melakukannya di rumah dengan bahan alami atau membeli produk skincare yang ada di pasaran melalui online store ataupun offline store.


Berbagai Jenis-jenis Jerawat yang perlu Diketahui

Ini dia berbagai bentuk jerawat yang muncul di wajah, yaitu :

1. Jerawat Blackheads
Sumber Gambar : Pinterest

Blackheads atau komedo berwarna hitam ini termasuk salah satu jenis jerawat loh. Biasanya muncul di sekitar hidung.


Blackheads muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih yang ada di wajah kita. Sebagian orang mungkin tidak peduli dengan kehadiran blackheads, tetapi kalau dibiarkan dapat menimbulkan masalah baru untuk wajah kita


Kamu bisa pakai krim wajah dengan kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide, dan resorsinol.


Bahan-bahan ini bisa untuk membunuh bakteri penyebab komedo, mengurangi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati kita.

2. Jerawat Whiteheads
Sumber Gambar : Pinterest

Whiteheads atau komedo berwarna putih ini merupakan jerawat juga yang sering muncul di wajah. jerawat ini muncul karena tersumbatnya pori-pori dan menutupi seluruh permukaan sehingga terlihat benjolan putih.


Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan AHA, retinoid, benzoyl peroxide, dan salicylic acid yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan pada area komedo.

3. Jerawat Pustula
Sumber Gambar : Pinterest

Jerawat pustula yaitu jerawat dengan terdapat cairan nanah di dalamnya. Jerawat ini berukuran lebih besar dari komedo putih dan sekeliling nya kemerahan.


Biasanya muncul di area yang gampang berminyak seperti wajah, dada, punggung. Dan paling sering menyerang pada kaum remaja .


Bisa diatasi dengan sabun cuci muka yang terdapat kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid.


Benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan salicylic acid untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah.

4. Jerawat Papula
Sumber Gambar : Pinterest

Jerawat jenis papula satu ini biasanya muncul dengan bentuk benjolan di bawah permukaan kulit. Jika jerawat ini disentuh, akan terasa nyeri. Kulit di sekitar jerawat ini juga akan kemerahan namun tidak ada nanah di puncak jerawatnya.


Jerawat papula itu bisa muncul karena komedo hitam dan putih yang dibiarkan loh, Sehingga terjadi iritasi dan merusak kulit sekitarnya, lalu berubah menjadi peradangan.


Cara mengatasinya dengan cara menggunakan produk yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide.


Selain itu, pilih produk sikncare kamu dengan kandungan retinoid karena bisa membantu memulihkan sel kulit yang telah rusak.

5. Jerawat Kistik
Sumber Gambar : Pinterest

Jenis jerawat satu ini sering kita kenal dengan nama jerawat batu. Biasanya berbentuk benjolan merah, cukup besar, dan keras.


Muncul karena penumpukan minyak dan sel kulit mati di jaringan kulit bagian dalam. Jenis jerawat ini adalah jerawat yang terparah.


Untuk mengatasinya, selain menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide dan retinoid, bisa juga menggunakan produk isotretinoin.


Isotretinoin adalah obat yang memang ditujukan untuk jerawat batu. Namun, penggunaannya harus tetap dalam pengawasan dokter yaa.

6. Jerawat Nodul
Sumber gambar : Reddit

Jenis jerawat ini termasuk kedalam kondisi jerawat yang parah dan tidak hanya bisa diobati dengan obat bebas. Jerawat ini muncul biasanya disebabkan karena faktor keturunan dan hormon yang tidak seimbang.


Jerawat nodul bentuknya besar, keras, terasa sakit, dan munculnya di bawah permukaan kulit kita. Jenis jerawat nodul ini bisa bertahan berminggu-minggu bahkan lebih.


Jerawat ini biasanya seringkali muncul pada remaja laki-laki disaat masa pubertas. Walaupun semua orang juga dapat mengalami masalah ini.


Cara mengatasi jerawat ini dengan cara memeriksakannya ke dokter kulit agar diberikan antibiotik dan obat lainnya. Karena pengobatan tanpa resep dokter yang handal tidak bisa mengatasi masalah jerawat yang satu ini.

7. Jerawat Mekanika
Sumber Gambar : Pinterest

Yang terakhir ada jerawat mekanika, ini biasanya dialami oleh para atlet. Jerawat juga muncul di bagian tubuh lainnya selain wajah, seperti punggung dan dada. Biasanya muncul karena adanya tekanan, suhu panas, dan gesekan di suatu area.


Umumnya para atlet menggunakan pakaian yang ketat dan berbagai perlengkapan olahraga lainnya. Pakaian yang ketat ini yang menyebabkan banyaknya keringat di tubuh dan menimbulkan jerawat mekanika.


Namun kamu bisa mengatasi jerawat ini di rumah kok. Caranya adalah dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide.


Selain itu, perhatikan bahan pakaian yang kamu pakai juga. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun.

Jagalah juga kebersihan perlengkapan olahraga secara rutin.


Selain dengan produk-produk yang telah kamu baca di atas, cara mengatasi jerawat lainnya, yaitu:

  • Mencuci wajah dengan sabung pembersih wajah sebanyak dua kali sehari.

  • Lakukan double cleansing agar wajah bersih maksimal.

  • Gunakan produk untuk jerawat yang cocok dengan kulit.

  • Menjaga pola makan dan tidur.

  • Hindari stres.

  • Banyak minum air putih.

  • Kunjungi dokter kulit apabila perawatan di rumah tidak menunjukkan perubahan.


DON'T MISS THE FUN.

Thanks for submitting!

bottom of page