top of page
  • Jasmine Fadias

9 TIPS MENGGUNAKAN SOFTLENS AGAR AMAN & TIDAK PERIH UNTUK PEMULA

Updated: Nov 14, 2022



Sumber gambar : Pinterest


Tidak perlu takut untuk pakai softlens atau lensa kontak, nih mimin kasih tau cara dan tips nya agar aman dan tidak perih saat di gunakan.

“Dulu alat bantu penglihatan sebagai pengganti kacamata, sekarang softlens bisa menjadi trend mode yang sudah banyak di gunakan.”

Kontak lensa atau dikenal juga dengan softlens saat ini menjadi alternatif penggunaan kacamata bagi yang memiliki masalah penglihatan. Dan softlens juga sering kali dipakai sebagai fashion karena motif dan bentuknya yang beragam.


Tapi sebelum menggunakan softlens kita perlu memperhatikan beberapa hal dulu. Salah satunya pemilihan softlens yang sesuai dengan bentuk mata kita, cara pakai yang benar, hingga efek samping yang bisa di timbulkan.


Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih waspada dan menghindari efek buruknya. Agar tidak salah, berikut ini tips menggunakan softlens untuk pemula yang aman dan tidak perih digunakan beserta efek memakai softlens bagi pemula. Supaya bisa tetap tampil cantik dengan aman, simak tips memakai softlens agar mata tidak merah dan hal-hal lain yang perlu kamu ketahui sebelum memakai lensa kontak.


1. Periksa Kondisi Mata
Sumber gambar : Pinterest

Ada baiknya kamu konsultasi ke dokter dahulu. Ini karena tidak semua orang cocok menggunakan softlens, bisa saja mata kamu alergi terhadap bahan yang ada pada softlens.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, infeksi dan kerusakan mata yang lebih jauh, sebaiknya periksa kondisi mata kamu terlebih dahulu.

2. Kualitas Softlens
Sumber gambar : Pinterest

Jangan gampang tergiur dengan softlens harga murah. Sebelum membelinya, alangkah baiknya kamu cari tahu kualitasnya & review dari orang yang sudah pernah membeli dan memakai softlens yang ingin kamu beli.

3. Menjaga Kebersihan
Sumber gambar : Pinterest

Sebelum memakai softlens ataupun sebelum melepasnya, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih dan steril. Cuci tangan kamu dengan menggunakan air bersih dan sabun anti kuman.


Selain itu, pastikan kuku kamu tidak panjang karena bisa menjadi sarang kuman dan juga menggores softlens yang dapat menyebabkan softlens robek.

4. Waktu Pemakaian
Sumber gambar : Pinterest

Sebisa nya jangan pakai softlens lebih dari 8 jam, memakai softlens dalam waktu yang lama akan bisa membuat mata tidak nyaman dan juga bisa membuat bakteri berkembang.


Sebisanya untuk memperhatikan kapan kadaluarsa softlens tersebut dan jika sudah melewati jangka waktu layak pakai segera ganti dengan yang baru. Biasanya batas waktu kadaluarsa softlens 6-12 bulan.

Selain itu, kalau kamu mulai merasa tidak nyaman dengan softlens yang sedang kamu gunakan, segeralah lepaskan dan ganti juga softlens tersebut.

5. Lepaskan Softlens Sebelum Tidur dan Berenang
Sumber gambar : Pinterest

Softlens yang dipakai seharian bisa jadi sarang bagi kuman dan virus bisa merusak bola mata. Karena itu, jangan pernah lupa untuk melepas softlens sebelum kamu tidur, mandi dan juga berenang.


Air pada kolam renang mengandung zat-zat kimia dan parasit yang dapat menyebabkan iritasi, infeksi hingga kebutaan. Selain itu, kamu cukup menggunakan softlens saat di luar rumah.

Ketika di dalam rumah, sebaiknya kamu melepas softlens dan beralih ke kacamata.

6. Bawa Perlengkapan Softlens Saat Berpergian
Sumber gambar : @softlenssiantar28

Bagi kamu yang suka bepergian dan beraktivitas di luar rumah, biasakan untuk bawa perlengkapan softlens seperti obat tetes mata, cairan dan tempat softlens. Jadi jika kamu merasa tidak nyaman saat pakai softlens kamu bisa langsung melepasnya.

7. Gunakan Alat Bantu
Sumber gambar : @cahayabeauty

Menempelkan softlens pada mata menjadi hal yang mudah bagi beberapa orang. Tapi bagi sebagian lainnya ini adalah hal yang sangat sulit apalagi jika kamu termasuk pemula dalam memakai softlens.

Kamu bisa pakai alat bantu untuk menempelkan softlens. Pastikan alat tersebut bersih ya!

8. Jaga Mata Agar Selalu Lembab
Sumber gambar : @beautyzonemalang

Softlens akan mengering dan bisa membuat mata tidak nyaman . Karena itu, kamu perlu meneteskan cairan khusus untuk melembabkan mata kembali saat pakai softlens. Aplikasikanlah cairan softlens pada mata sebanyak 2 jam sekali.

9. Cuci Softlens
Sumber gambar : @christinekosmetik

Setelah dipakai, jangan lupa untuk bersihkan dan rendam softlens menggunakan cairan softlens. Cara mencuci softlens mudah banget yaitu dengan menggosok lembut softlens dengan tangan yang bersih lalu bilas dengan cairan pembersih softlens.

Cara tersebut juga bisa dipakai sebagai cara membersihkan softlens yang perih. Lepaskan softlens saat terasa perih lalu cuci dengan benar seperti cara di atas ya #softlens #carapakaisoftlens #lensakontak #carapakailensakontak #caracucisoftlens

DON'T MISS THE FUN.

Thanks for submitting!

bottom of page